Sunday 31 January 2016

Instrumen Yang Digunakan Dalam Pemeliharaan Kapal Berbasis Manajemen Risiko



Instrumen Yang Digunakan Dalam Pemeliharaan Kapal Berbasis Manajemen Risiko
Manajemen pemeliharaan perbaikan dan pengoperasian kapal merupakan suatu metode yang digunakan untuk menyusun dan menetapkan kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, pengendalian, analisis dan evaluasi program kerja dan anggaran biaya pemeliharaan, perbaikan dan pengoperasian kapal secara periodik.

Instrumen yang digunakan dalam menerapkan sistem pemeliharaan kapal berbasis manajemen risiko, meliputi :

  • MRO merupakan suatu metode yang digunakan untuk menyusun dan menetapkan kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, pengendalian, analisis dan evaluasi program kerja dan anggaran biaya pemeliharaan, perbaikan dan pengoperasian kapal secara berkala.
  • Penilaian kinerja kapal merupakan metode yang digunakan untuk menganalisis dan menilai kinerja kapal yang dihitung berdasarkan kinerja setiap bagian yang terpasang atau digunakan di atas kapal.
  • AHP merupakan salah satu metode pengambilan keputusan dengan menganalisis skala rasio dari beberapa perbandingan berpasangan yang bersifat diskrit maupun kontinu, melalui pengukuran aktual maupun pengukuran relatif dari derajat kesukaan (preference), kepentingan (importance) atau perasaan (likelihood).
  • Manajemen risiko (risk management) merupakan suatu pendekatan terstruktur dalam mengelola kondisi ketidakpastian yang berkaitan dengan ancaman, dalam suatu rangkaian aktivitas perusahaan termasuk perencanaan, penilaian, penanganan dan pemantauan risiko, serta pengembangan strategi untuk melakukan pengelolaan dan mitigasi risiko dengan menggunakan sumber daya yang ada.

Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment