Sunday 31 January 2016

Peran dan Fungsi Armada Kapal



Peran dan Fungsi Armada Kapal


Setiap perusahaan yang didirikan memiliki tujuan yang sama, yakni mencari keuntungan, demikian juga dengan perusahaan pelayaran. Armada kapal memiliki peran yang sangat dominan dalam sebuah perusahaan pelayaran. Kondisi dan kinerja armada kapal memiliki dampak langsung terhadap keberlangsungan hidup perusahaan pelayaran.

Kondisi dan kinerja armada kapal mampu memberikan hasil yang optimal, apabila ditunjang dengan awak kapal yang cakap dan cukup, pola pemeliharaan, perbaikan dan pengoperasian kapal yang baik, pemenuhan kebutuhan material dan suku cadang serta komitmen manajemen terhadap kondisi dan kinerja armada kapal.
Kondisi dan kinerja perusahaan pelayaran sangat indentik dengan kondisi dan kinerja kapal. Dalam kaitan ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yakni :
o    Kinerja perusahaan pelayaran sangat bergantung pada kinerja kapal;
o    Kinerja kapal sangat bergantung pada kinerja pemeliharaan, perbaikan dan pengoperasian kapal;
o    Kinerja pemeliharaan, perbaikan dan pengoperasian kapal sangat bergantung pada kinerja sumber daya manusia;
o    Kinerja sumber daya manusia sangat bergantung pada kebijakan manajemen perusahaan dalam mengelola kompetensi, loyalitas dan moralitas modal insani yang dimiliki dan dipekerjakan oleh perusahaan.
Peran dan fungsi armada kapal dalam upaya mempertahankan dan meningkatkan kinerja dan peran bisnis perusahaan selain sebagai aset, alat produksi sekaligus produk.
o    Kapal merupakan aset perusahaan harus dipertahankan keberadaan dan nilainya.
o    Kapal merupakan alat produksi yang harus dijaga dan dipelihara serta segera diperbaiki apabila terjadi kerusakan, sehingga selalu siap operasi.
o    Kapal merupakan produk yang harus dipertahankan ketersediaan (space), mutu layanan (keselamatan, keamanan dan kenyamanan serta pencegahan pencemaran di laut) dan nilai manfaat (jarak dan waktu tempuh) bagi pengguna jasa, sehingga mudah dijual (marketable) .
Semoga dapat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment